Rabu, 07 Desember 2016

GURU-GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SMA IKUTI MGMP DI SMAN 9 MANADO



Pertemuan bulanan sebagai salah satu Program Kerja Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (MGMP PAI) diharapkan tidak hanya menjadi ajang silaturahim semata tapi hendaknya mampu memberikan nilai plus bagi para guru. Hal tersebut disampaikan Ketua MGMP PAI SMA Kota Manado, Supriadi, S.Ag., M.Pd.I, mengawali sambutannya dalam pertemuan yang dilaksanakan di SMA Negeri 9 Manado Sabtu (06/9). 


Acara yang dimulai pukul 09.30 wita itu selain membahas tentang kendala-kendala yang dihadapi guru PAI dalam proses pembelajaran di kelas juga membicarakan tentang perbaikan-perbaikan administrasi terutama RPP. Utari Malik, S.Ag., M.Pd. selaku narasumber dalam MGMP PAI SMA tersebut memberikan berbagai solusi dan arahan tentang perbaikan proses pembelajaran di kelas, terutama kelas-kelas yang jumlah siswanya sedikit. “Guru hendaknya memiliki berbagai cara guna mengatasi keterbatasan peserta didik dalam belajar, terutama mereka yang belum bisa membaca al-Qur’an” Lanjut Utari yang juga Pengawas PAI pada Kantor Kementerian Agama Kota Manado.  
 
Kegiatan rutin bulanan yang dihadiri sekira 15 orang guru PAI SMA itu juga membicarakan pendalaman materi berkaitan dengan pendekatan scientific dalam pelajaran PAI dan Budi Pekerti, misalnya dalam hal memberikan pemahaman soal keimanan pada malaikat, dll. Demikian pula dalam hal penilaian afektif yang nantinya diharuskan menjadi sikap kebiasaan bagi peserta didik. Acara dipending untuk makan siang dilanjutkan salat Zuhur yang dilaksanakan di Musholla setempat. Pembahasan dan perbaikan RPP dilakukan hingga pukul 14.00 wita sebelum akhirnya ditutup menjelang waktu Ashar. (Ippy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar